
Tingkatkan profesionalitas pegawai, KPU adakan inhouse training manajemen media sosial
Bandar Lampung: Tingkatkan kinerja dan profesionalitas pegawai Sekretariat, KPU adakan pelatihan (In House Training) Manajemen Media Sosial , senin (05/03/21) di aula KPU. Kegiatan yang diikuti oleh 15 orang perwakilan pegawai dari masing-masing subbag tersebut dihadiri oleh jurnalis dari Radar Lampung, Habib Syahputra, Robin Ali dan Dina Puspasari. Dalam pelatihan singkat selama tiga jam disampaikan materi fotografi, videografi, dan design grafis. Salah satu pemateri Dina Puspa mengatakan, bahwa dalam membuat publikasi informasi di web harus konsisten dan selalu update.“ terkadang ada web yang peristiwanya hari ini, kemudian diberitakan esok hari, bahkan ada web yang updatenya lama sekali hingga bulan berikutnya baru update, jelasnya.
Selama kegiatan pelatihan, peserta langsung mempraktikkan teknik pembuatan video, serta design grafis untuk publikasi di media sosial seperti instagram, facebook dan youtube. Salah satu peserta Syaiful Azwar mengatakan dengan kegiatan pelatihan ini, ia jadi mempelajari dasar pembuatan video seperti penggunaan aplikasi share it yang baru diketahuinya setelah mengikuti pelatihan tersebut.”Saya baru mengetahui aplikasi share it setelah mengikuti pelatihan ini dan saya juga baru paham bahwa kalau membuat video juga ada angle nya, pungkasnya.
Ketua KPU Bandar Lampung, Dedy Triadi mengatakan, bahwa pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja pegawai sekretariat dalam mempublikasikan kegiatan-kegiatan serta peristiwa penting KPU di media social. “media social ini sangat penting, masyarakat tidak akan mengetahui kegiatan-kegiatan di KPU apabila tidak dipublikasikan di media social, jelasnya. Sependapat dengan Dedy, Hamami Koordinator DIvisi Partisipasi Masyarakat mengatakan training ini untuk meningkatkan kinerja pegawai KPU yang masih belum maksimal dalam mengelola media sosial khususnya meningkatkan kinerja PPID (baca: Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi. Setelah melewati tiga materi , Pelatihan kemudian ditutup dengan penayangan video hasil kreasi peserta. (*SM).